Terungkap, Ini yang Bikin Harga Produk Apple Sangat Mahal

by -21 Views

Jakarta, CNBC Indonesia – Seperti diketahui, produk Apple dijual dengan harga yang mahal atau premium. Kenapa itu bisa terjadi?

Sebagai perbandingan, di Indonesia harga smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra model tertinggi dengan varian memori internal 512 GB dijual dengan harga Rp 21 juta. Sementara iPhone 13 Pro Max dengan memori 512 GB dibanderol Rp 27 juta di dalam negeri.

Salah satu alasan harga produk Apple sangat mahal adalah karena jadi tujuan Steve Jobs sebagai pendiri yakni memantapkan diri sebagai merek di pasar. Bukan sebagai merek kecil, namun yang terkenal di seluruh dunia.

Berikut ini beberapa alasan mengapa harga produk Apple sangat mahal:

1. Software dan Hardware yang Dikembangkan Secara Khusus

Seluruh produk menggunakan software yang dikembangkan Apple. Tidak akan mendapatkan perangkat lunak yang sama pada merek berbeda.

iOS, perangkat lunak sistem operasi (OS) dari Apple, yakni iOS juga terintegrasi dalam rangka melengkapi hardware pada teknologinya. Ini berbeda dengan merek lain, sebagai contoh Samsung dengan produk yang dipersonalisasi sendiri tetapi menggunkan sistem operasi Android.

Pengguna akan mendapatkan kinerja yang sama seperti saat membeli smartphone Apple, selama tidak ada kerusakan fisik. Hal ini karena Apple menggunakan bahan berkualitas baik, sehingga kombinasi hardware dan software mampu memberikan kinerja terbaik.

2. Biaya Riset dan Pengembangan yang Mahal

Alasan lainnya adalah biaya riset dan pengembangan perusahaan yang mahal. Apple butuh banyak waktu melakukan penelitian dan pengembangan setiap tahunnya.

Apple juga menghadirkan kemajuan desain teknologi di perangkatnya dan menyediakan fitur terbaik yang belum pernah dilakukan oleh merek lain.

iPhone juga dinilai dapat dioperasikan jauh lebih cepat dari produk Android lainnya. Operasi tersebut sangat efisien dan super cepat. Artinya tidak akan menemui masalah saat mengedit video atau bekerja pada file yang besar. Sebagai informasi, flagships Apple memenuhi kriteria Geekbench 4 dan 3DMark.

3. Keamanan yang Ketat

Apple dengan kendali penuh atas software dan hardware-nya sendiri, mencoba membuatnya menjadi perangkat paling aman. Perusahaan itu sangat menjaga keamanannya dengan ketat di semua produk mereka, yang selama ini telah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

4. Pengawasan Ketat pada Aplikasi

Aplikasi yang hadir di App Store harus menghadapi 4-5 penghalang persetujuan aplikasi. Untuk merek lain, hanya tersedia 1 atau 2 persetujuan saja dan lebih mudah serta mudah.

Aplikasi dan App Store merupakan platform pertama, yang sebagian besar pengembang meluncurkan sebelum ke tempat lainnya. Sebagai contoh, Instagram yang sudah debut 2 tahun lebih awal di App Store dibandingkan Play Store.

5. Menggunakan Komponen Premium

Produk Apple berharga mahal juga ditunjang komponen perangkat keras yang paling handal dan premium di pasar. Dengan begitu, membuat produk-produk dari perusahaan asal Cupertino itu bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Alasan lainnya adalah aksesoris tambahan yang dijual terpisah. Meski bersifat opsional, Apple membuatnya penting agar perangkat dapat digunakan dan berfungsi optimal.

6. Optimasi Layanan dan Sinkronisasi

Apple merancang produk mereka sedemikian rupa sehingga hal optimasi dan sinkronisasi menjadi faktor yang paling penting. Ini membuat kompatibilitas hardware mampu mengakomodir software iOS yang dipasang.

Selain itu, ada juga koordinasi mulus dari iPhone dengan iPad dan Mac. Sehingga kegiatan sinkronisasi foto, mengirim teks, dan menjawab panggilan bisa dilakukan dengan menggunakan MacBook.

iPhone juga mendukung handoff yang membuatnya lancar untuk memulai sesuatu, kemudian meneruskannya di iPad ataupun pada MacBook.

7. Loyalitas pada Brand

Apple ternyata juga berhasil menciptakan loyalitas pada brand dengan cukup ekstrem. Meski harga yang terus meningkat, permintaan pelanggan tidak terlihat mengalami penurunan.

Kekuatan brand jadi senjata bagi Apple dan juga ditunggu kehadirannya oleh para penggemar setianya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Alasan Jam di Iklan iPhone Selalu Tunjukan Jam 09.41


Leave a Reply

Your email address will not be published.