Sejak Kapan Apple Rilis iPhone Terbaru di Bulan September? Begini Sejarahnya

by -162 Views
Sejak Kapan Apple Rilis iPhone Terbaru di Bulan September? Begini Sejarahnya

Duniaphone.com – Kapan iPhone terbaru keluar? Pertanyaan semacam ini biasa terlontar oleh berbagai pengguna saat Apple hendak merilis iPhone terbaru dalam waktu dekat. Kendati cukup banyak pertanyaaan semacam itu, Apple tak lantas memberikan jawabannya.

Menjelang iPhone terbaru rilis, Apple dari tahun ke tahun biasanya tak pernah memberikan informasi terkait jadwal pasti ke publik. Alhasil, beberapa pihak hanya bisa menduga-duga kapan iPhone terbaru keluar.

Baca juga: 4 Hal yang Akan Bikin iPhone 14 Unggul dari Smartphone Lain

Contoh dugaan jadwal rilis iPhone terbaru bisa dilihat dari perbincangan para pembocor (tipster) mengenai suksesor iPhone 13 series, yang diyakini sebagai iPhone 14 series. Beberapa tipster menduga kuat iPhone 14 series bakal dirilis pada 7 September 2022.

Selain dugaan di tanggal 7 September, ada pula yang memprediksi kalau jadwal rilis iPhone 14 series jatuh pada 13 September 2022. Terkait perbincangan mengenai prediksi jadwal rilis iPhone 14, bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini “2 Prediksi Jadwal Rilis iPhone 14”.

Sementara itu, dalam hal dugaan jadwal rilis iPhone terbaru seperti contoh di atas, berdasarkan pantauan KompasTekno, para tipster umumnya melakukan prediksi berdasar kebiasaan yang dilakukan oleh Apple selama ini.

Jika tertarik untuk memahami kebiasaan Apple dalam merilis iPhone terbaru, berikut adalah sejarah jadwal peluncuran iPhone terbaru tiap tahunnya, yang dihimpun dari berbagai pengumuman resmi Apple.

Apple memiliki kebiasaan untuk merilis iphone terbaru di bulan September pada gelaran “Apple Event”. Namun, kebiasaan jadwal rilis tersebut tidaklah dilakukan Apple sejak pertama kali atau saat iPhone generasi pertama dikenalkan ke publik.

iPhone generasi pertama dikenalkan ke publik pada 9 Januari 2007 dalam ajang MacWorld, kemudian mulai dirilis di Amerika Serikat pada 29 Juni 2007. Sejarah iPhone generasi pertama yang lebih lengkap bisa dibaca di artikel ini “iPhone Pertama Kali Diperkenalkan”.

Cnet Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama.

Baca juga: Ini Dia Reaksi Steve Job saat Pertama Kali Jajal Video Call Grup

Sejak iPhone generasi pertama keluar, tiga tahun berikutnya Apple memakai tradisi untuk merilis iPhone seri terbaru di bulan Juni. iPhone 3G dirilis pada 9 Juni 2008. Dua tahun berikutnya, Apple merilis iPhone 3Gs pada 8 Juni 2009 dan iPhone 4 pada 7 Juni 2010.

Kemudian, bertepatan dengan peluncuran iPhone 4s, Apple mengakhiri kebiasaan merilis iPhone terbaru di bulan Juni. iPhone 4s kala itu diluncurkan pada 4 Oktober 2011 dalam ajang Apple Event.

Setelah iPhone 4S, era kebiasaan peluncuran iPhone terbaru di bulan September dimulai. Tahun 2012, saat iPhone 5 resmi muncul ke publik, Apple untuk pertama kali merilis iPhone terbaru di bulan September.

iPhone 5 saat itu dirilis Apple pada 12 September 2012 lewat ajang Apple Event juga. Dari 2012 hingga saat ini, Apple seakan memiliki agenda wajib untuk merilis iPhone terbaru di bulan September.

Untuk memudahkan melihat kebiasaan Apple, berikut adalah tabel jadwal rilis iPhone terbaru yang jatuh pada bulan September sejak iPhone 5:

Seri iPhone Jadwal Rilis
iPhone 5 12 September 2012
iPhone 5s dan 5c 10 September 2013
iPhone 6 series 9 September 2014
iPhone 6s series 9 September 2015
iPhone 7 series 7 September 2016
iPhone 8 series 12 September 2017
iPhone X 12 September 2017
iPhone Xs dan Xr 12 September 2018
iPhone 11 series 10 September 2019
iPhone 12 series 13 Oktober 2020
iPhone 13 series 14 September 2021

Dari tabel di atas, diketahui hanya jadwal rilis iPhone 12 series yang sedikit melenceng dari kebiasaan Apple. Keterlambatan peluncuran iPhone 12 series tersebut disinyalir lantaran terdapat masalah pada rantai pasokan komponen.

Kemudian, dapat diketahui pula bahwa sejak iPhone 5 dirilis, Apple tiap tahun rata-rata mengenalkan iPhone terbaru buatannya tepat pada minggu kedua di bulan September, dengan tanggal yang bervariasi.

Kebiasaan jadwal rilis itulah yang dipakai para tipster untuk memprediksi kapan iPhone terbaru keluar. Demikianlah penjelasan seputar sejarah jadwal peluncuran iPhone, yang tiap tahun jatuh pada bulan September.

Baca juga: Perkiraan Harga iPhone 14, untuk Versi Non-Pro Dijual Mulai Rp 11 Jutaan?

Sebagai informasi tambahan, tabel di atas tidak mencantumkan iPhone seri “SE” karena ponsel versi murah buatan Apple tersebut memiliki kebiasaan jadwal peluncurannya sendiri. Khusus iPhone SE, Apple biasa merilisnya antara bulan Maret atau April.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.