Rayakan Ultah ke-10, OBS Studio Kini Dukung HDR & Apple M1,M2

by -57 Views

Tidak terasa sudah dari 10 Tahun yang lalu, software recording & streaming berbasis open source ini menemani para streamer. Sekaligus merayakannya, OBS merilis update terbaru untuk OBS Studio yaitu versi 28.0.

Peningkatan Fitur OBS di Versi Terbaru, Apa Saja?

Di versi kali ini, OBS Studio sekarang sudah mendukung fitur HDR10. Hal ini sangatlah berguna, mengingat untuk menikmati visual game-game sekarang dibutuhkan fitur HDR. Untuk bisa menjalankan fitur ini, dibutuhkan GPU yang bisa menjalankan AV1 dan HEVC seperti NVIDIA seri 1000 atau AMD seri 5000.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya, Jumlah Penonton Streaming Ungguli TV Konvensional • Jagat Review

Kemudian terdapat fitur integrated tonemapping, yang mana akan berguna saat sedang melakukan streaming di HDR. Jadi, warna yang berada didalam format HDR dapat dikonversikan secara otomatis ke SDR, sehingga warna yang dilihat penonton sesuai. Sayangnya, untuk sekarang streaming dengan format HDR baru didukung oleh Youtube melalui Youtube HLS.

Sudah Mendukung Apple M1 dan M2, Dukungan di OS 32 Bit Ditinggalkan

Dengan update terbarunya ini, sekarang OBS Studio juga sudah mendukung arsitektur Apple M1 & M2. Artinya OBS akan berjalan lebih optimal tanpa menggunakan emulator x86 lagi. Sayangnya di versi ini, fitur plugin pihak ketiga masih banyak yang belum mendukung secara penuh.

Selain itu, karena OBS Studio sekarang sudah tidak menggunakan toolkit interface Qt 5 lagi, sistem operasi seperti Windows 7 & 8, Mac OS 10.13 & 10.14, Ubuntu 18.04. dan semua sistem yang berbasis 32-bit, tidak akan lagi didukung oleh OBS.

Kalau kalian tertarik menggunakan versi terbaru ini, kalian sudah bisa mengunduh aplikasi ini melalui website resminya. Bagi kalian yang penasaran perubahan apa saja selain yang dijelaskan tadi, kalian bisa melihat release notenya secara langsung di situs GitHub.

Pengguna juga sudah bisa mendownload aplikasi ini melalui website resminya. Kalau tertarik melihat perubahan apa saja selain yang dijelaskan tadi, pengguna dapat melihat release notenya secara langsung di situs GitHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.