Pengguna iPhone Siap-siap, Apple Segera Masukkan Iklan di 3 Layanan Ini

by -21 Views

KOMPAS.com – Apple bakal memperluas konten iklan ke lebih banyak aplikasi yang sudah terpasang di iPhone dan perangkat Apple lainnya. Di antara aplikasi yang akan disusupi iklan oleh Apple yaitu Maps, Books, hingga Podcast.

Ketiga aplikasi tersebut sejauh ini tercatat sebagai aplikasi bebas iklan.

Menurut bocoran dari Mark Gurman, jurnalis Bloomberg, Apple sudah menguji praktik iklan dalam pencarian di Maps. Iklan itu nantinya akan tampil sebagai rekomendasi ketika pengguna mencari restoran, toko atau bisnis di sekitar lokasi terkait.

Perusahaan atau klien yang ingin memasang iklan pada aplikasi Maps atau aplikasi pendukung lainnya, dapat membayar biaya iklan sehingga muncul dalam daftar hasil pencarian teratas.

Baca juga: 2 Cara Menonaktifkan Pop Up Iklan di Android

Adapun pada aplikasi Books dan Podcast, Gurman meyakini iklannya akan ditayangkan dalam tampilan aplikasi, atau pada hasil pencarian seperti pada aplikasi Maps.

Selain pada aplikasi yang bebas iklan, Gurman juga percaya bahwa Apple akan memperluas konten iklan pada kolom pencarian di App Store. Perluasannya akan terlihat pada tab “Today” dan halaman unduh aplikasi.

Menurut temuan 9to5Mac, iklan pada tab Today akan tampil seperti kartu berukuran besar yang diposisikan di bawah nama aplikasi. Adapun iklan pada aplikasi pada tab lainnya, akan disorot dengan warna biru dan tampil sebagai aplikasi yang disarankan.

Peluang iklan lainnya yaitu pada layanan Apple TV Plus. Menurut Gurman, ada kemungkinan Apple membuat paket langganan yang lebih murah, namun disertai iklan, seperti praktik yang direncanakan Disney Plus dan Netflix.

Baca juga: Riset Nielsen: Belanja Iklan Digital Naik, Tembus Rp 41 Triliun pada 2021

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (19/8/2022), upaya Apple untuk memperbanyak penempatan iklan menjadi indikasi bahwa Apple ingin memperluas bisnis iklannya.

Hal ini sesuai dengan laporan dari Business Insider yang menyebutkan bahwa Senior VP of Service Apple, Eddy Cue berencana merestrukturisasi bisnis layanan Apple agar lebih fokus ke streaming dan periklanan.

Saat ini, Apple sudah menerapkan iklan pada App Store, dengan mekanisme klien membayar biaya iklan, agar aplikasinya dipromosikan dalam halaman pencarian.

Misalnya ketika pengguna mencari “permaianan teka-teki” atau “editor foto”, maka aplikasi terkait yang membayar biaya iklan, akan muncul paling atas pada hasil pencarian.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, bisnis layanan Apple yang mencakup iklan dan berbagai layanan langganan, mengalami pertumbuhan pendapatan hingga 12 persen pada kuartal terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.