Jelang Peluncuran iPhone 14, Serangan Siber Mengincar Apple ID dan Rekening Pengguna

by -27 Views
Jelang Peluncuran iPhone 14, Serangan Siber Mengincar Apple ID dan Rekening Pengguna

Suara.com – Apple telah mengonfirmasi bahwa versi iPhone 14 yang telah lama ditunggu-tunggu akan diumumkan ke publik pada 7 September mendatang dalam Apple Event.

Pakar Kaspersky telah menemukan banyak contoh halaman phishing yang menawarkan pembelian iPhone 14, namun sebenarnya dirancang untuk mengosongkan rekening bank korban dan mencuri akun Apple ID pengguna.

Secara keseluruhan, dari periode 10 hingga 25 Agustus, solusi keamanan Kaspersky mendeteksi lebih dari 8.700 situs phishing terkait iPhone terbaru.

Seiring tanggal pengumuman iPhone 14 semakin dekat, jumlah halaman phishing juga meningkat.

Baca Juga:
Belum Meluncur, iPhone 14 Pro Palsu Sudah Muncul

Pada 25 Agustus, pakar Kaspersky mendeteksi total 1.023 halaman phishing terkait iPhone, yang hampir dua kali lipat jumlah rata-rata deteksi situs berbahaya semacam itu per hari selama periode tersebut.

Sebelum kemunculan iPhone baru di pasar, para penjahat dunia maya membuat halaman toko palsu, menawarkan pemesanan awal (pre-order) ponsel cerdas terbaru dengan harga diskon, atau bahkan membelinya sebelum pengumuman resmi.

Jumlah email phising Apple dan iPhone. [Kaspersky]

Karena foto resmi iPhone 14 belum muncul secara online, penyerang menggunakan foto model ponsel lama untuk menarik perhatian pengguna.

Setelah korban memasukkan data rekening bank mereka untuk melakukan pembayaran, dana akan didebet dari rekening tersebut, tetapi mereka tidak akan menerima barang yang dipesan.

iPhone 14 Pro Max dengan diskon

Baca Juga:
Fantastis! 5 Bocoran Menarik iPhone 14: Spesifikasi, Fitur hingga Harga

Perhatian penjahat dunia maya terhadap popularitas iPhone tidak terbatas pada peluncuran model-model terbaru saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.