Apple Bawa Fitur yang Paling Ditunggu Pengguna iPhone di iOS 16 Versi Beta Terbaru

by -14 Views
Apple Bawa Fitur yang Paling Ditunggu Pengguna iPhone di iOS 16 Versi Beta Terbaru

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu Apple merilis iOS 16 versi beta 5 untuk sebagian pengguna iPhone. Dalam pembaruan sistem operasi tersebut, Apple turut membawa salah satu fitur yang cukup banyak dinantikan pengguna iPhone, yakni persentase baterai.

Angka persentase tersebut akan muncul di dalam ikon baterai. Fitur semacam ini memang pernah ada di versi iOS lama, sebelum Apple menghapusnya sejak perilisan iPhone X tahun 2017 lalu.

Dulu, angka persentase daya muncul di sisi kiri ikon baterai. Angka itu kemudian dihapus karena takik/notch panjang yang menghiasi dahi iPhone X. Lantaran notch di iPhone X cukup memakan ruang, hanya tersisa ikon baterai di sisi atas layar. Apabila pengguna ingin melihat persentase sisa daya, mereka harus mengusap ke bawah menu Control Center.

Baca juga: Cara Mengembalikan iOS 16 Beta ke iOS 15 via iTunes dengan Mudah

Nah, di tampilan iOS 16 versi beta, angka persentase itu berpindah letak, menjadi di dalam ikon baterai. Sehingga, memudahkan pengguna untuk memantau sisa daya iPhone.

Apple Insider Tampilan fitur baterai di iOS 16

Apabila ponsel alam mode rendah daya (lower-mode), baterai akan berubah warna dari hijau menjadi kuning. Tampian baterai juga akan berubah ketika pengguna mengisi daya. Ikon baterai akan bewarna hijau dengan simbol listrik di sebelah kanan angka persentase.

Salah seorang pengguna iPhone sekaligus jurnalis MacRumors membagikan tampilan ikon baterai baru di iOS 16 versi beta 5 lewat sebuah unggahan Twitter dengan handle @SamiFathi_.

Baca juga: Cara Download dan Instal iOS 16 Beta serta Daftar iPhone yang Mendukung

Tampak dalam gambar tersebut, angka 35 yang merujuk ke sisa daya serta simbol listrik yang mengindikasikan pengisian daya.

Tampilan baru ikon daya itu tidak muncul secara default. Pengguna harus mengaturnya secara manual lebih dulu di menu “Settings” > “Battery” lalu mengaktifkan opsi “Battery Percentage”.

Jadi, pengguna bebas memilih apakah ingin menampilkan angka persentase dari baterai atau tidak.

Berdasarkan laporan dari The Verge, opsi pengaturan tersebut sepertinya tidak tersedia untuk iPhone 11, iPhone 12 Mini, dan iPhone 13 Mini, setidaknya, untuk saat ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan model-model iPhone itu juga akan mendapatkan fitur persentase baterai di iOS 16 versi beta berikutnya.

Baca juga: Wallpaper iPhone Legendaris Clownfish Muncul di iOS 16

Tampilan persentase baterai ini memang ditunggu-tunggu pengguna iPhone, meskipun terdapat kritik di dalamnya. Menurut laporan The Verge, tampilan persentase dalam baterai dinilai agak sulit dibaca saat ponsel dinyalakan (boot). Apalagi, jika pengguna menggunakan latar ponsel (wallpaper) yang berwarna terang.

Hal tersebut bakal membuat pengguna kesulitan untuk melihat berapa jumlah baterai yang tersisa di ponsel mereka. Apalagi jika pengguna itu memiliki masalah penglihatan, seperti rabun jauh atau sebagainya, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Rabu (10/8/2022).

Kemudian, angka di dalam ikon baterai juga kerap mengecoh pengguna. Sebab, pengguna bisa menganggap bahwa baterai penuh, tanpa mencermati betul-betul angkanya. 

Baca juga: Pengguna iOS 16 Bakal Bisa Lewati Verifikasi Captcha

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.