iPhone SE (2022) vs iPhone 11

oleh -16 Dilihat
banner 728x90

Ketika datang ke iPhone store, SE adalah nama pertama yang terlintas dalam pikiran, tetapi tahukah Anda bahwa ada perangkat yang memberi Anda layar lebih besar, baterai lebih besar, kamera sekunder, ID Wajah, navigasi geser, dan lainnya hanya dengan satu biaya sedikit lebih tinggi?

Perangkat misterius yang ada dalam pikiran kami adalah iPhone 11, dengan harga jual lebih tinggi sedikit dibading iPhone SE 3.

banner 336x280

Pada artikel ini, kami membahas perbedaan antara keduanya secara rinci dan membahas pro dan kontra dari masing-masing model. Pada akhirnya, ini akan membantu Anda memutuskan mana dari keduanya yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda!

Jadi, jangan buang waktu dan kita lihat lebih rinci…

  • Perbedaan iPhone SE (2022) vs iPhone 11:
  • SE lebih kompak dan memiliki bobot yang lebih ringan
  • iPhone 11 memiliki layar yang lebih besar
  • iPhone 11 memiliki ID Wajah, SE 3 memiliki ID Sentuh
  • iPhone 11 memiliki kamera ultra lebar
  • iPhone 11 memiliki navigasi geser, iPhone SE memiliki tombol
  • SE lebih murah
  • SE lebih baru, akan menerima pembaruan perangkat lunak lebih lama

Design and Display Quality

Perbedaan pertama dan mungkin paling menonjol hanya dalam ukuran keduanya: iPhone SE dengan layar 4,7 inci terlihat kecil dibandingkan dengan iPhone 11 yang lebih besar, lebih tebal, dan lebih besar secara keseluruhan dengan layar 6,1 inci.

perbandingan iPhone SE (2022) vs iPhone 11iPhone SE (2022) vs iPhone 11

Itu cukup jauh perbedaan ukuran dan beratnya, bukan begitu? Pecinta ponsel ringkas akan sangat senang dengan SE!

Dalam hal kepraktisan, keduanya memiliki perlindungan air dan debu, tetapi iPhone 11 sebenarnya memiliki sertifikasi IP68 yang lebih tinggi dibandingkan peringkat IP67 pada SE (artinya iPhone 11 dapat bertahan dari tetesan air yang lebih dalam, secara teoritis).

Jika Anda tidak keberatan dengan ponsel yang lebih besar, iPhone 11 memberi Anda layar 6,1 inci yang jauh lebih berguna dibandingkan dengan layar 4,7 inci yang lebih kecil di SE.

Sayangnya, kedua ponsel menggunakan layar LCD, salah satu kompromi dari iPhone anggaran. Keduanya juga memiliki resolusi yang cukup rendah, jadi jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat sedikit pikselasi. Dan tentu saja, jangan mengharapkan apa pun di luar kecepatan refresh 60Hz di sini.

Display measurements and quality

iphone se 2022

Di bidang biometrik, memiliki teknologi Touch ID yang lebih lama pada SE mungkin benar-benar terbukti lebih populer di masa Covid ini ketika mengenakan topeng masih merupakan keharusan di banyak tempat, sementara iPhone 11 bergantung pada ID Wajah.

Performance and Software

Apple memiliki sedikit obsesi dengan kecepatan dan kinerja, dan itu bagus karena iPhone SE 3 sebenarnya memiliki kinerja yang lebih cepat daripada iPhone 11!

Itu tentu saja karena usia ponsel: SE baru keluar dari tahun 2022, sedangkan iPhone 11 diluncurkan pada tahun 2019.

Di bawah kap, SE ditenagai oleh prosesor Apple A15 Bionic terbaru, dan chip A15 ini bukan lelucon. Ini akan relevan untuk tahun-tahun mendatang. Pada saat yang sama, jika Anda tidak terobsesi dengan tolok ukur, kenyataannya adalah bahwa untuk tugas sehari-hari biasa, kedua ponsel tampaknya bekerja dengan baik dan Anda mungkin tidak akan langsung melihat perbedaan dalam prosesor. Dibutuhkan tugas yang lebih menantang untuk menghargai chip yang lebih cepat di SE.

Ketika datang ke perangkat lunak, SE memiliki keunggulan sebagai ponsel yang lebih baru, sedangkan iPhone 11 sekarang berusia beberapa tahun. Secara praktis, ini berarti SE akan terus mendapatkan pembaruan selama beberapa tahun lebih lama dari iPhone 11.

Camera

SE tetap dengan kamera belakang tunggal dibandingkan dengan sistem kamera ganda pada iPhone 11, di mana yang kedua adalah penembak ultra-lebar yang sering berguna untuk ruang sempit.

Namun, dengan chip A15 yang lebih cepat di dalam SE, ia memiliki beberapa trik yang tidak dimiliki iPhone 11 seperti Gaya Fotografi misalnya, serta mesin Smart HDR 4 yang juga meningkatkan warna, kontras, dan noise.

Contoh kamera iPhone SE (2022) vs iPhone 11

iPhone SE (2022) vs iPhone 11

iPhone SE (2022) vs iPhone 11

Perbedaannya jelas sangat kecil dalam hal foto yang diambil pada siang hari, tetapi bagaimana dengan foto malam hari?

iPhone SE (2022) vs iPhone 11

iPhone SE (2022) vs iPhone 11

Tidak adanya mode malam pada kamera utama iPhone SE 3, bagaimanapun, sangat terlihat pada gambar di atas.

Audio Quality and Haptics

Faktor bentuk yang lebih kecil dari SE memang membatasi seberapa keras suaranya. Kami akan mengatakan bahwa kualitas suara cukup sebanding antara keduanya, dan tak satu pun dari mereka adalah pemain terbaik yang akan membuat Anda kagum.

Tidak ada jack headphone di kedua ponsel, sekali lagi, ini bukan kejutan.

Battery Life and Charging

Salah satu keterbatasan utama desain iPhone SE adalah desainnya yang sangat ramping dan mini sehingga Anda tidak dapat memuat baterai raksasa di dalamnya. Tidak ada masalah seperti itu di iPhone 11!
Apple secara resmi mengukur masa pakai baterai dalam hitungan jam pemutaran video terus menerus, dan berikut adalah nomor baterai untuk iPhone SE baru vs iPhone 11.

Seperti yang Anda lihat, SE tidak jauh di belakang 11, tetapi di belakang. Dan terutama dengan waktu pemutaran audio, yang biasanya sesuai dengan penggunaan biasa juga.

Kecepatan pengisian maksimum pada kedua ponsel adalah sekitar 18 watt, dan kami merekomendasikan untuk mendapatkan pengisi daya Apple resmi 20W. Itu selalu bijaksana untuk tetap menggunakan pengisi daya resmi atau alternatif yang terbukti.

Baik SE dan 11 juga mendukung pengisian nirkabel, dan keduanya tidak memiliki standar MagSafe magnetik yang lebih baru.

Namun, jika Anda bertanya pada tingkat yang murni emosional, Anda mungkin akan mendengar banyak orang menginginkan ponsel yang benar-benar ringkas dan SE hanya itu. Plus, lebih murah, dan masa pakai baterainya tidak lagi buruk.

Jadi… yang mana: iPhone SE (2022) atau iPhone 11?

Untuk seseorang yang menghabiskan banyak waktu di ponsel mereka, iPhone 11 sepertinya pilihan yang lebih masuk akal, jika hanya untuk masa pakai baterai yang lebih lama, tetapi juga memiliki keunggulan lain seperti layar yang lebih besar, navigasi gerakan dan kamera ultra lebar.

Namun, jika Anda bertanya pada tingkat yang murni emosional, Anda mungkin akan mendengar banyak orang menginginkan ponsel yang benar-benar ringkas dan SE hanya itu. Plus, lebih murah, dan masa pakai baterainya tidak lagi buruk. Dan itu memiliki tombol. Ini nostalgia.

Jadi … mana yang akan Anda pilih? Silahkan tinggalkan komentar dibawah

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.