Young businesswoman using a digital tablet while standing in front of windows in office
Ini rekomendasi tablet untuk musik lebaran/Foto: Getty Images/iStockphoto/nd3000

Jakarta

Tablet menjadi perangkat yang perlu dibawa untuk menemani mudik idul fitri tahun ini. Ada banyak kesanggupan yang dimiliki perangkat ini yang bikin kegiatan balik kampung akan semakin seru.

Layarnya yang lapang bikin asik untuk menikmati streaming video, sehingga akan bosan di perjalanan. Selain itu akan bikin lebih gampang kau mengedit foto dan video moment berkumpul bareng keluarga merayakan Idul Fitri.

Jika ada pekerjaan yang mendadak mesti dicek tak perlu sakit kepala sebab yaitu bisa dikerjakan di tablet. Dibekali spesifikasi yang baiklah, tablet masa kini bisa diajak untuk produktivitas. Nah berikut rekomendasi tablet untuk mudik lebaran 2022 keluaran Samsung, Apple, Xiaomi, Huawei dan Advan.

Samsung

Galaxy Tab S8 Ultra

Dengan layar 14,6 inch, menjadikan Galaxy Tab S8 Ultra selaku tablet paling besar di pasaran. Ini bikin streaming video lebih bikin puas mata, terlebih ada empat speaker dengan sokongan Dolby Atmos serasa nonton di bioskop.

Asiknya tablet ini dibekali S Pen yang tergolong dalam paket penjualan. Dengan latensi rendah 2,8ms dan pressure sensitivity 4.096 level. kegiatan menulis dan menggambar makin mendekati pengalaman menggunakan pena ataupun kuas. Mengedit konten Instagram Reels atau Youtube Shorts pun jadi lebih presisi dengan proteksi stylus ini.

Samsung Galaxy Tab S8 UltraSamsung Galaxy Tab S8 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Soal kinerjanya tidak perlu disangsikan, pemberian chipset Snapdragon 8 Gen 1 bikin penampilan ngebut. Dengan baterai paling besar di jajaran Galaxy Tab yakni 11.200mAh, Galaxy Tab S8 Ultra pun bisa memutar video sampai meraih 14 jam. Galaxy Tab S8 Ultra juga sudah mendukung Super-fast Charging 45W dimana baterai bisa terisi sarat 100 persen dalam waktu 90 menit saja.

Galaxy Tab S8 Ultra yang sudah mendukung koneksi 5G tersedia beliau harga Rp19.999.000 dengan warna Graphite. Untuk setiap pembelian di Samsung.com/id sampai 15 Mei 2022 diberikan Book Cover Keyboard dan kesempatan cashback untuk pembelian wearables dan aksesoris pilihan.

Galaxy Tab A8 WiFI/LTE

Tablet ini menampilkan bentangan layar yang lapang, mengusung ukuran 10,5inchi dengan resolusi 1.920 x 1.200 pixel.Rasionya 16:10 dengan bezel yang dibuat lebih ramping. Samsung berbincang empat speaker yang mendukung Dolby Atmos agar memaksimalkan pengalaman menikmati hiburan lewat tablet ini.

Samsung memodali Galaxy Tab A8 denganchipsetUnisoc Tiger T618 yang dibentuk dengan fabrikasi 12nm. Tablet ini memberikan fitur split-screen dan floating windows. Alhasil, pengguna bisa melakukan multitasking saat melakukan pekerjaan atau belajar.

Samsung Galaxy Tab A8Samsung Galaxy Tab A8 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai yang dipasang berkapasitas 7.040 mAh. Ada sokongan fast charging 15W yang menjanjikan isi sarat tablet dalam 1,5 jam. Selain WiFi, tersedia pilihan koneksi LTE. Fitur koneksi lainnya tergolong Bluetooth 5, WiFi 5 (AC). USB Type C 2.0 dan jack audio 3,5 mm.

Samsung mendatangkan dua varian Galaxy A8, yakni: WiFi Only dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB, harganya Rp 2.999 juta. Lalu varian LTE dengan RAM 4 GB dan ROM 128 GB, harganya Rp 4,5 juta

Xiaomi

Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5 memakai panel IPS berukuran 11 inch dengan resolusi WQHD+ dan refresh rate 120Hz. Ada juga quad stereo speakers yang mendukung Dolby Atmos, dan layarnya turut mendukung Dolby Vision dan HDR10.

Untuk otaknya, Xiaomi memutuskan chipset Snapdragon 860 yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan storage 256GB. Baterainya berkapasitas 8.720 mAh dengan pengisian cepat 22,5W.

Xiaomi Pad 5Xiaomi Pad 5 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Ada kamera utama 13 MP di kepingan belakang yang mampu digunakan untuk memindai dokumen. Kamera depan 8 MP dengan resolusi 1080p bisa menciptakan mutu video yang lebih jernih saat rapat online.

Xiaomi Pad 5 dilepas dengan harga Rp 5.199.000. Melengkapi tablet tersedia case keyboard yang dibanderol Rp 999.000 dan Smart Pen dengan harga yang sama.

Halaman Selanjutnya tablet Huawei, Advan dan Apple >>>

Huawei

MatePad 11

MatePad 11 disokong Snapdragon 865 dengan RAM 6GB. Huawei menawarkan kapasitas memori internal 128GB menjadi 256GB. Tablet ini telah dilengkapi dengan Wi-Fi 6, speaker dari Harman Kardon, empat mikrofon dnegan fitur AI noise reduction, dan kamera depan 8 MP.

Huawei membekali MatePad 11 dengan layar IPS berukuran 10,9 inch dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel dan rasio screen-to-body 86%. Layar ini juga disokong refresh rate 120 Hz dan gamut DCI-P3.

Huawei MatePad 11Huawei MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

MatePad 11 memakai tata cara operasi HarmonyOS 2.0 yang dilengkapi dengan Huawei App Gallery dan Petal Search untuk mengunduh aplikasi. Tablet ini telah mendukung wireless mouse, magnetic keyboard, dan stylus M-Pencil.

Huawei MatePad 11 dilepas dengan harga Rp 8.299.000,

MatePad

Huawei MatePad dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung produktivitas ibarat MultiWindow, AppMultiplier, Full-View Display beresolusi 2K, dan konektivitas Huawei Super Device. Selain itu, hadir pula beragam aplikasi untuk ekosistem perangkat Huawei di AppGallery.

Tablet ini punya layar FullView Display sebesar 10,4 inch. Bodinya tipis dengan ketebalan 7,45mm dan berat 450 gram. Hal tersebut menciptakan perangkat ini menjadi sangat portabel dan dijanjikan bisa mendukung produktivitas pengguna di manapun.

Huawei MatePad 2022Huawei MatePad 2022 Foto: Huawei

Pengalaman menyerupai PC juga sanggup ditingkatkan dengan memakai Huawei Smart Keyboard. Lalu ada Huawei M-Pencil, yang menciptakan MatePad sanggup memanfaatkan fitur ibarat Huawei FreeScript, Annotate, dan Take snippet, yang juga mendukung berbagai aplikasi pencatatan.

Huawei MatePad dilengkapi dengan baterai sebesar 7.250mAh yang diklaim sanggup memutar video HD 1080p setempat terus menerus sampai 12 jam cuma dengan sekali pengisian daya. Huawei MatePad juga mendukung Huawei SuperCharge 22,5W yang cuma membutuhkan 2,5 jam untuk mengisi penuh.

Huawei MatePad dipasarkan dengan harga Rp 4.899.000.

Advan

Advan Tab VX

Advan Tab VX mengusung layar berskala 10.4 inch dengan resolusiWUXGA prospektif santapan konten yangcinematik. Untuk performanya, Advan mempercayakan dapur pacu tablet barunya pada chipset Uunisoc T618 yang dikolaborasikan dengan RAM 8GB.

Advan Tab VXAdvan Tab VX Foto: Advan

Tak ketinggalan,Advan Tab VX juga dibekali kapasitas penyimpanan 128GB yang mampu diperluas sampai 2TB menggunakan kartumicroSD. Tablet ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas besar yakni 6200 mAh. Dengan kapasitas tersebut, Advan menegaskan tabletnya tahan usang sehingga sanggup dipakai beraktivitas sehari penuh.

Advan sudah memasarkan tablet barunya ini secara online maupun toko offlline. Harga Advan Tab VX Rp 3.699.000.

Selanjutnya tablet Apple

Apple

iPad 9

iPad 9 mengusung layar Retina Display berukuran 10,2 inch. Bezelnya masih tebal dan di serpihan bawah terdapat tombol Home yang membawa fitur Touch ID.

Tablet ini didukung oleh Apple A13 Bionic, merupakan chipset yang dipakai pada iPhone 11. Apple sesumbar kalau iPad 9 punya kinerja 3x lebih ngebut dari laptop Chromebook dan 6x lebih cepat dari tablet Android yang ada di pasaran.

Apple menyematkan kamera ultra-wide di penggalan belakang berskala 12 MP, sementara di belahan depan 8 MP. Tidak ketinggalan fitur Center Stage turut diberikan pada tablet ini.

Advan Tab VXiPad 9 Foto: Apple

Untuk bantu produktivitas, iPad 9 mendukung Apple Pencil generasi pertama dan smart keyboard. Tablet ini hanya menawarkan dua pilihan warna yakni silver dan space gray.

Harga iPad 9 resmi di Indonesia yaitu Rp 6,1 juta.

iPad Mini

Secara dimensi iPad Mini 2021 ibarat generasi sebelumnya. Namun layarnya lebih lapang, yakni 8,3 inch. Itu berkat pengadopsian bezel tipis dan dihilangkannya tombol Home.

Kendati tombol ikonik itu lenyap, Apple masih mempertahankan fitur Touch ID. Kini disatukan di tombol power.

Panel layarnya ini memakai Liquid Retina Display dengan resolusi 1488 x 2266 pixels. Punya tingkat kecerahan sampai 500 nits dan teknologi True Tone.

ipad mini 6ipad mini 6 Foto: Apple

Prosesor yang dipakai di iPad Mini sama menyerupai iPhone 13, yaitu A15 Bionic. Chipset ini diklaim Apple punya peningkatan CPU 40% lebih kencang ketimbang A12 Bionic yang digunakan di iPad Mini 5. Selain itu penampilan GPU disebut lebih ngebut 80%.

Kamera belakang maupun depannya ditingkatkan kemampuannya. Keduanya sama-sama berukuran 12MP, namun di kepingan depan menggunakan lensa ultra-wide dan diberikan fitur Center Stage.

Harga iPad mini resmi di Indonesia yaitu Rp 9,1 juta.

iPad Pro M1

iPad Pro keluaran tahun 2021 jadi semakin bertenaga berkat chip M1. Apple mengklaim chip ini menghadirkan penampilan 50% lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya.

iPad ProiPad Pro Foto: dok Apple

Apple turut menyematkan RAM hingga 16GB. Sementara memori internalnya memiliki kapasitas hingga 2TB dengan penampilan yang dua kali lebih cepat.

Tablet yang ditujukan untuk kalangan profesional ini hadir dalam dua ukuran yakni 11 inch dan 12,9 inch. Varian iPad Pro 11 inch mengusung Liquid Retina Display dengan resolusi 2388 x 1688 pixel dan mendukung HDR. Sementara varian 12,9 inch memakai Liquid Retina XDR Display dengan resolusi 2732 x 2048 pixel.

iPad Pro M1 11 inch dibanderol dengan harga mulai dari Rp 13,6 juta.

Berita sebelumyaApple Bakal Setor Rp 244 Triliun Ke Tsmc Selama 2022, Duit Apa Itu?
Berita berikutnyaNyawa Serdadu Ukraina Selamat, Peluru Rusia Tersangkut Di Ponsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here