5 Gadget Yang Wajib Dibawa Ketika Mudik, Jangan Ketinggalan!

oleh -3 Dilihat
banner 728x90

Beautiful Latin woman from Bogota Colombia between 20 and 29 years old, looks at the camera in a portrait and checks her cell phone waiting for a service to offer while wearing her mask
5 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik, Jangan Ketinggalan! (Foto: Getty Images/iStockphoto/Mario Arango)

Jakarta

Mudik menjelang Lebaran merupakan salah satu tradisi yang paling dinanti, tetapi banyak juga yang kurang semangat menyambutnya sebab yakni perjalanan yang usang dan bikin capek. Tidak perlu khawatir, alasannya yaitu berkat perlindungan teknologi dan gadget perjalanan pulang kampung kalian tidak mesti menjemukan.

banner 336x280

Gadget yang dibawa dikala balik kampung tidak hanya untuk menunjukkan hiburan, namun juga mampu menghasilkan perjalanan kalian lebih kondusif dan tenteram. Mulai dari ponsel hingga dashcam, berikut lima gadget yang wajib dibawa saat pulang kampung, jangan hingga ketinggalan!

1. HP dengan baterai besar dan NFC

Xiaomi Redmi Note 11Xiaomi Redmi Note 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

HP atau ponsel sekarang sudah menjadi bab dari kehidupan sehari-hari. Tidak heran kalau gadget yang satu ini merupakan perangkat yang mengobrol paling banyak faedah dalam menghasilkan perjalanan pulang kampung kian tenteram.

Untuk pemudik yang lewat jalur darat, ponsel mampu dipakai untuk membantu navigasi dengan aplikasi peta, memutar hiburan berupa musik atau radio, mengabadikan momen selama perjalanan, memeriksa informasi kemudian lintas di media umum, dan masih banyak lagi.

Pastikan juga ponsel yang kalian gunakan memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga tidak mesti ketakutan kelemahan daya ketika bermacet-macet di jalan atau ketika menanti pesawat yang tertunda.

Oh iya, ponsel dengan NFC juga wajib dibawa oleh pemudik yang melalui jalur darat alasannya yaitu sangat berfungsi untuk mengisi ulang uang elektronik jikalau kekurangan di tengah jalan. Beberapa ponsel dengan baterai besar dan NFC antara lain Poco M4 Pro, Redmi Note 11, Samsung Galaxy A33 5G, dan masih banyak lagi.

2. Power bank

Mi Power Bank 3 ProMi Power Bank 3 Pro Foto: Xiaomi via Gizmochina

Walau telah menjinjing ponsel dengan baterai jumbo, kadang hal yang tidak diharapkan pun masih terjadi yaitu kelemahan baterai. Nah sebab yakni itu power bank jadi salah satu aksesoris yang wajib dibawa dikala pulang kampung dan perjalanan panjang yang lain.

Power bank tidak hanya berharga untuk mengisi daya ponsel di mana saja dan kapan saja namun juga dapat menyiasati keadaan di mana tidak tersedia colokan, contohnya saat beberapa jam di dalam kendaraan beroda empat atau pesawat.

Untungnya dikala ini power bank dengan kapasitas 6.000 sampai 10.000 mAh harganya makin terjangkau. Tidak cuma itu desainnya pun makin tipis dan mengusung banyak fitur seumpama fast charging, USB-C, dan lain-lain.

Halaman selanjutnya: Car charger hingga dashcam >>>

3. Car charger

Ngecas Handphone di MobilNgecas Handphone di Mobil Foto: Dina Rayanti

Meski telah menenteng power bank, car charger tetap jadi produk yang wajib dibawa dikala mudik Lebaran. Apalagi kalau yang berangkat pulang kampung satu keluarga besar, kan tidak mungkin semuanya mengandalkan satu atau dua power bank saja.

Untuk itu car charger mampu menjadi solusi bagi kelemahan di atas alasannya adalah yakni dapat lebih fleksibel dan dapat dipakai untuk mengisi ulang atau mentenagai bermacam-macam perangkat.

Saat menetapkan car charger untuk mudik, pastikan produk tersebut memiliki beberapa port mudah-mudahan dapat dipakai untuk mengisi daya banyak perangkat sekaligus. Selain itu cari juga yang memperlihatkan pengisian daya berkecepatan tinggi.

4. Dashcam

Car video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from drivingCar video camera attached to the windshield to record driving and prevent danger from driving Foto: istock

Kalau gadget yang satu ini dijamin dapat menghasilkan perjalanan pulang kampung kalian jadi lebih aman. Bukan cuma sekedar aksesoris, dashcam dapat memantau dan merekam insiden selama perjalanan layaknya CCTV.

Perangkat ini akan sungguh membantu dikala kalian menghadapi duduk problem selama perjalanan mudik, misalnya ketika terlibat kecelakaan atau menerima pengemudi yang arogan. Karena seluruhnya telah terekam oleh dashcam, kalian tidak perlu cemas lagi karena yaitu sudah mempunyai buktinya.

Dashcam yang tersedia di pasaran ketika ini harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Fitur-fitur yang dipersiapkan pun semakin canggih seumpama kamera Full HD, sudut pandang yang lebar, night vision, GPS, dan lain-lain.

5. CCTV

kamera CCTVkamera CCTV Foto: Dok.Detikcom

Ini bukan gadget yang dibawa ketika mudik, melainkan mesti dipasang di rumah saat mudik. Fungsi kamera pengintai atau CCTV tidak kalah penting dibandingkan gadget-gadget di atas alasannya adalah yakni mampu menjadi mata kedua untuk memantau rumah dari jauh.

Tidak dapat disangkal bahwa momen balik kampung Idulfitri ialah waktu yang riskan perampokan alasannya yaitu banyak rumah yang kosong. Apalagi kalau satpam perumahan juga ikut libur dan tidak berjaga selama 24 jam, maka keadaan rumah dapat kian beresiko.

Untuk itu memasang CCTV jadi kewajiban gampang-mudahan mampu pulang kampung dengan damai dan bebas khawatir. Dengan CCTV, kalian mampu mengawasi kondisi rumah cuma dengan mengakses aplikasi di ponsel.

Saat ini CCTV yang tersedia di pasaran juga semakin berilmu dengan fitur ibarat night vision, jangkauan 360 derajat, dan motion sensor. Harga dan mereknya pun bermacam-macam, mulai dari Xiaomi, Bardi, TP-Link, dan masih banyak lagi.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.