FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Foto: Dado Ruvic/Reuters

Jakarta

Pangsa pasar Android selama lima tahun ke belakang, semenjak 2018 sampai sekarang, terus menurun. Dari 77,32% pada 2018 menjadi 69,74% pada Januari 2022, yang ialah data dari Statista.

Meskipun pangsa pasarnya masih jauh unggul dari iOS, pasar Android terus digerogoti oleh metode operasi iPhone tersebut, yang selama periode sama pasarnya naik dari 19,4% menjadi 25,49%, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena.

Android dan iOS mampu dikatakan hampir menguasai 100% pasar ponsel. Meski ada juga sejumlah sistem operasi lain yang ada di paling bawah. Seperti KaiOS, platform feature phone berbasis Linux, Windows Phone, Nokia Series 40, Tizen, dan yang lain.

Perlu dikenang, ini merupakan data secara global, alasannya adalah data per negaranya bisa berbanding terbalik. Misalnya pasar Amerika Serikat dikuasai oleh iOS, dan pasar negara meningkat dikuasai oleh Android.

Contohnya market share Android menjangkau 81% dan di Amerika Selatan lebih tinggi lagi, yaitu 90%. Salah satu meningkatnya pangsa pasar iOS ialah Apple mulai bisa bergerilya ke pasar negara meningkat lewat iPhone SE.

Namun sejauh ini penjualan iPhone SE, setidaknya berdasarkan analis kenamaan Apple Ming-Chi Kuo, masih mengecewakan. Padahal dua iPhone SE sebelumnya terbilang cukup sukses.

Tentu saja ada juga faktor kesanggupan ekonomi, tepatnya daya beli di regional tertentu memiliki efek pada pangsa pasar Android vs iOS. Di Africa misalnya, pangsa pasar Android merupakan 84% sementara iOS cuma 14%. Sementara itu di Eropa, pasar Android — meski masih unggul — mulai merosot, yaitu 69,32% dibanding iOS yang menjangkau 30%.

Sementara itu di negeri asalnya, iOS memang menguasai meski tak terlalu mayoritas. Di Amerika Serikat pangsa pasar iOS ialah 54% melawan Android yang pangsa pasarnya 45%.

Kecuali Apple datang-tiba mendiskon harga iPhone secara drastis atau pemasukan perkapita di negara-negara meningkat berkembangdrastis, posisi iOS ini mungkin tak akan berganti dalam jumlah besar. Kemungkinannya cuma meningkat bertahap ibarat yang terjadi di dikala ini.

Simak Video “Pengguna Ngeluh Update iOS 15.4 Bikin iPhone Gampang Lowbat
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumya10 Rekomendasi Hp Android Rp 1-2 Juta Cocok Untuk THR
Berita berikutnya7 Keunggulan Oppo A96 Yang Punya Memori Besar Sampai 256Gb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here