Xiaomi Mi 11 Ultra
Xiaomi Mi 11 Ultra. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta

Saat ini salah satu sensor kamera ponsel yang sudah digunakan di ponsel berskala 1/1,12 inch, yakni Samsung GN2 yang digunakan Mi 11 Ultra.

Namun ada juga sensor 1 inch yang digunakan di Sony Xperia Pro-I, meski tak semua bagian lensanya terpakai. Sebelumnya ada juga DMC-CM1 dari Panasonic yang dirilis pada 2014, yang jadi ponsel dengan sensor terbesar di zamannya, 1 inch dengan resolusi 20MP.

Nah berdasarkan Digital Chat Station, Sony akan merilis sensor 1 inch untuk ponsel dalam waktu bersahabat, yakni IMX989. Sensor ini akan jadi pesaing sensor yang digunakan di Xperia Pro-I, namun dengan resolusi yang lebih tinggi.

Sensor 1 inch yang ada di Xperia Pro-I resolusinya cuma 12MP, sementara resolusi IMX989 kemungkinan yakni 50MP, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (21/4/2022).

IMX989 ini kabarnya akan dirilis pada 2022, namun belum ada keterangan waktu yang pasti, dan sebelumnya pun Sony baru dikabarkan akan merilis IMX866 yang yakni penerus IMX766 — sensor kamera flagship Sony ketika ini.

Sensor dari seri 800 itu juga akan digunakan di jajaran ponsel-ponsel flagship layaknya pendahulunya yang dipakai di OnePlus dan Oppo yang menggunakan dua sensor tersebut di Find X5 Pro.

IMX866 diperkirakan akan lebih besar dibanding IMX766, namun dengan resolusi yang serupa-sama 50MP. Dimensi sensor menciptakan ukuran pixelnya juga lebih besar, sehingga bisa menangkap lebih banyak cahaya.

Lalu berdasarkan Digital Chat Station, perbedaan terbesar antara IMX866 dibanding IMX766 ada pada deretan pixel matrix red-green-blue-white (RGBW) yang dipakai. Bukan red, green, dan blue yang ada di IMX766.

Tambahan pixel putih yang dipakai kabarnya bisa menyebarkan pengumpulan cahaya dan akurasi warna yang lebih baik, pastinya kalau memakai algoritma komputasi fotografi yang tepat.

Namun fitur paling mempesona dari IMX866 ini kemungkinan akan berjulukan ‘dual-frame technology’, yang kemampuannya mendukung dua rasio gambar sekaligus. Rasio pertama yakni 16:11 yang digunakan untuk merekam video, yang menggunakan sensor seluas 1/1.49″.

Lalu untuk foto, rasio yang dipakai akan kembali ke 4:3, namun belum terungkap ukuran sensor yang dipakai di rasio ini. Sebagai informasi, IMX766 punya ukuran sensor sebesar 1/1,56″.

Simak Video “Selain Perangkat Gaming, Sony Kenalkan Mobil Listrik di CES 2022
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumyaOppo Reno7 Z 5G Piawai Bikin Foto Portrait Estetik, Ini Rahasianya!
Berita berikutnyaHati-Hati. Ini 5 Kesalahan Biasa Di Saat Pakai Google Maps Untuk Pulang Kampung Lebaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here