Realme Buds Air 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta

Pada Maret 2022, Realme meluncurkan generasi gres perangkat audio nirkabel yaitu Buds Air 3 di Indonesia dengan tagline Noise Off, Rock On. TWS atau True Wireless Sound modern dari Realme ini mendapat banyak kenaikan kemampuan serta diberikan fitur-fitur anyar dari generasi sebelumnya.

Dibanderol Rp 699.000 TWS Realme Buds Air 3 hadir dengan dua varian warna Galaxy White dan Starry Blue. Bagaimana performanya? detikINET pun telah mencobaperangkat ini kurang lebih selama dua ahad. Simak ulasan lengkapnya.

Desain

Minimalis dan estetik, demikian kesan pertama detikINET terhadap TWS (True Wireless Stereo) dengan varian warna Galaxy White ini. Sama dengan generasi sebelumnya rancangan melengkung setiap sudut masih digunakan Realme untuk bodi casing pengisi dayanya tetapi untuk Buds Air 3 memiliki ukuran yang lebih panjang ke samping dengan dimensi 64,5 x 48,3 x 24,3 mm.

Berbalut materi polycarbonat seluruh bodinya didominasi warna putih yang mengkilap meski demikian Buds Air 3 ini tidak praktis kotor ataupun meninggalkan jejak sidik jari.

Pada sisi depan Buds Air 3 tepatnya kepingan tengah terdapat titik kecil yang yaitu lampu LED berfungsi selaku indikator saat penggunaan atau pengisian daya perangkat.

Realme Buds Air 3Review Realme Buds Air 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lalu pada serpihan atasnya terdapat gesekan pena Realme berwarna silver yang dilapisi dengan materi transparan sehingga tampaklebih futuristik. Desain buka tutupnya pun dibuat besar lengan berkuasa dan memiliki efek dengan paduan magnet.

Sementara di penggalan segi kanan casing Realme Buds Air 3 ini terdapat tombol yang berfungsi untuk mengkoneksikan via Bluetooth ke perangkat ponsel cerdas ataupun laptop, mengaktifkan fitur ANC, atau untuk me-reset ke pengaturan pabrik.

Dengan memiliki bobot 37.2 gram casing Realme Buds Air mudah dibawa kemana-mana, tenteram digenggam dan tidak memakan daerah untuk dimasukkan ke dalam tas karena bentuknya yang mungil.

Realme Buds Air 3Realme Buds Air 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Beralih ke earbuds Realme Buds Air 3, earbuds ini memiliki perpaduan warna putih dengan batangnya berwarna silver. Saat dipasangkan ke lubang indera pendengaran earbud yang memiliki berat 4.2 gram terasa pas di indera pendengaran dan tidak mudah lepas dikala bergerak.

Dengan earbuds yang berbahan silikon , digunakan dalam waktu jangka lama pun seumpama menyimak musik di Spotify atau menonton video tidak membuat telinga sakit.

Ohya, Realme Buds Air 3 ini juga telah dilengkapi dengan teknologi IPX5 jadi tak perlu cemas jikalau TWS ini terkena cipratan air ataupun keringat karena sudah tahan air.

Koneksi

Menghubungkan Realme Buds Air 3 ke ponsel cerdas sungguh gampang. Pertama buka epilog casing kemudian tekan dan tahan tombol yang ada di samping selama tiga detik untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth.

Proses pairing berjalan dengan mulus baik di perangkat iOS Android, hingga Windows. Hal ini berkat adanya sokongan teknologi Bluetooth 5.2.

Saat sudah terhubung, Realme Buds Air 3 akan otomatis terkoneksi dengan ponsel, tablet ataupun laptop yang sudah disambungkan dan siap dipakai.

Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, TWS ini pun tetap sanggup diputar dengan lancar meski jarak yang jauh dari smartphone. Dan saat detiKINET menoba memakai salah satu earbudsnya saja, TWS ini masih tetap memutarkan musik.

Buat kau yang bukan pengguna Realme, bisa menginstall aplikasi Realme Link di Google Play Store secara gratis. Dengan aplikasi ini kau bisa mengelola konfigurasi realme Buds Air 3.

Seperti melakukan pembaruan, melihat persentase baterai earbuds. Tak hanya itu dengan aplikasi ini kita bisa mengontrol pilihan Noise, Sound Effect, mengaktifkan Game Mode dan yang lain.

Halaman selanjutnya: Fitur >>>

Fitur

Saat diluncurkan Realme Buds Air 3 mendapat banyak peningkatan dan fitur anyar dibandingkan generasi sebelumnya. Khususnya yang ditonjolkan yakni teknologi Active Noise Cancellation (ANC).

Jika sebelumnya Realme Buds Air 2 hanya punya Active Noise Cancellation 25dB. Kini Buds Air 3 telah dibekali dengan Active Noise Cancellation 42dB.

Tak heran ketika peluncuran Buds Air 3, Realme menyebutnya selaku ‘New Flagship Killer ANC TWS for Everyone’. Bisa dikatakan TWS dengan fitur ANC ini terbaik di kelasnya.

Dengan kesanggupan ANC 42dB, Realme Buds Air 3 memang sangat nyaman untuk menyimak musik bunyi yang dihasilkan jernih tanpa adanya gangguan dari bunyi di lingkungan sekitar. Sebab dengan fitur tersebut mampu meredam bunyi bising ibarat di tempat hiruk pikuk, bunyi-bunyi obrolan, ataupun bunyi gemuruh yang lain.

Realme Buds Air 3Realme Buds Air 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tak cuma itu TWS ini juga diberikan teknologi Transparency Mode. yang memungkinkan pengguna untuk menyimak bunyi sekitar dalam sekali klik. Dengan mengaktifkan mode ini maka hasil bunyi dari musik akan mengecil sehingga tak perlu melepas TWS di indera pendengaran ketika ada orang lain yang mengajak menyampaikan langsung.

Teknologi yang lain dalam Realme Buds Air 3 yaitu memakai teknologi mikrofon struktur De-wind kanal ganda. Desain anti-wind-noise dengan pedoman udara dua arah memungkinkan angin mengalir secara alami melalui dua lubang pemandu angin di batang earbud.

Sehingga secara efektif mencegah angin dari pembentukan kebisingan turbulen di mikrofon feedforward untuk meraih pembatalan kegaduhan angin. Sehingga bunyi akan tetap terdengar terperinci ketika bunyi kegaduhan angin mulai menyanggupi ruangan sekitar.

Sementara untuk chipnya, peredam bising cerdas memakai Realme Chip R3 yang sudah diperbarui. Tidak cuma memiliki kemampuan peredam bising yang efisien dan arif, namun juga mempunyai keunggulan konsumsi daya yang sangat minim dan konektivitas yang stabil.

Buds Air 3 juga dilengkapi dengan driver besar 10mm yang dibuat dari komposit polimer kristal cair terbaru. Ini bisa menghidangkan bunyi bass yang lebih mendalam dan maksimal. Selain itu, TWS ini juga mendukung patokan distribusi audio berkualitas tinggi AAC.

Kualitas Suara

Buds Air 3 dilengkapi dengan driver besar 10mm yang dibuat dari komposit polimer kristal cair terbaru. Demikian TWS ini bisa menyuguhkan bunyi bass yang lebih optimal dan memuaskan.

Saat memutar lagu dengan genre nge-beat bass yang dikeluarkan begitu jernih dan terasa dentumannya. Sebaliknya dikala memutar lagu genre melow bunyi yang dihasilkan pun juga lezat didengar. Terlebih saat mengaktifkan fitur ANC-nya bunyi yang dihasilkan makin mantap untuk dicicipi.

TWS Buds Air 3 juga mampu diandalkan untuk bermain game. Dengan adanya opsi opsi Game Mode bermain game berat ibarat Mobile Legend menjadi makin seru dengan bunyi yang dihasilkan begitupun dengan game ringan untuk anak-anak juga sungguh elok suaranya.

Dan saat detikINET menjajal untuk mengerjakan panggilan bunyi telepon ataupun panggilan video ibarat di WhatsApp ataupun Zoom baik melalui ponsel cerdas dan PC. TWS ini mampu menampilkan bunyi yang didengar lawan bicara jelas tanpa mesti mengulang perkataan.

Halaman selanjutnya: Baterai dan kesimpulan >>>

Baterai

Selama pengujian detikINET, Realme Buds Air 3 sungguh awet. Untuk pemakaian intensif atau sepanjang hari sarat dengan mengaktifkan fitur ANC bisa digunakan lebih dari satu hari. Namun jikalau jarang-jarang bisa baka berhari-hari.

Tak heran lantaran TWS ini diberikan daya baterai yang besar 564 mAh yang ditawarkan untuk memutar lagu total hingga 30 jam.

Untuk mengisi dayanya pun terbilang cepat hanya perlu waktu sekitar satu jam untuk menjangkau 100%. Tak hanya itu Buds Air 3 juga mendukung pengisian cepat 10 menit untuk 100 menit menyimak musik dengan mode wajar .

Realme Buds Air 3Review Realme Buds Air 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

Dengan harga di bawah satu juta, desain minimalis, daya baterai besar, teknologi ANC yang ditingkatkan dari generasi sebelumnya, serta fitur-fitur sokongan yang mampu membuat bunyi jernih dan berkualitas untuk bermain game dan panggilan telepon/video. Rasanya Realme Buds Air 3 mampu masuk daftar anjuran untuk membeli TWS.

Selama pengujian detikINET, TWS ini bisa membuat bunyi mantap dan penampilan bikin puas jadi layak untuk dimiliki.

Berita sebelumyaRencanan Samsung Mau Buat Prosesor Khusus Seri Galaxy!
Berita berikutnyaRekomendasi Hp 5G Murah, Infinix Zero 5G Sampai Poco M3 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here