Dr TM Roh
TM Roh. Foto: dok. Samsung

Jakarta

Presiden Samsung Electronic TM Roh disebut menyebut Samsung akan menghasilkan prosesor khusus (application processor/AP) yang disesuaikan dengan perangkat ponsel Galaxy mereka.

Informasi ini kabarnya diumbar ketika TM Roh saat mengatakan terkait kontroversi Game Optimization Services (GOS) dalam sebuah rapat dengan para karyawannya, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (8/4/2022).

Dalam pertemuan town hall yang dilaksanakan Maret kemudian, seorang karyawan Samsung bertanya, bagaimana kontroversi GOS akan diselesaikan? TM Roh kabarnya menjawab pertanyaan itu dengan respon bahwa Samsung akan menghasilkan AP unik untuk ponsel Galaxy.

Namun sayangnya tak ada keterangan lebih lanjut wacana prosesor ini, baik fabrikasi, ataupun saat ini sudah berada di tahap pengembangan yang mana.

GOS merupakan kasus yang cukup kontroversial modern bagi Samsung. Samsung dikritisi alasannya adalah fungsi aplikasi tersebut yang kebablasan.

Seharusnya, aplikasi ini fungsinya merupakan mengatur aplikasi game mudah-mudahan ponsel tidak mengalami overheat atau panas berlebih. Namun kenyataannya, GOS malah menangkal performa di banyak aplikasi non gaming yang populer, ibarat Microsoft Office dan Zoom.

Menariknya, GOS tidak menghalangi tampilan di aplikasi benchmark ibarat 3DMark dan Geekbench, alias aplikasi tersebut dapat berjalan dengan performa sarat dari system on a chip yang digunakan.

Lebih parahnya, di pembaruan One UI 4.0, Samsung disebut mempersulit pengguna yang ingin menonaktifkan aplikasi GOS ini. Nah, berdasarkan TM Roh, peristiwa GOS itu terjadi karena AP yang dipakai di ponsel Galaxy.

Sebenarnya Samsung pun telah mempunyai chip buatannya sendiri, yakni Exynos, yang nyaris pribadi dipakai oleh perangkat Galaxy (berulang kali dipakai Vivo dan Meizu di ponsel buatannya).

Namun bedanya, pengembangan Exynos mungkin tak dibuat dengan koordinasi sarat bareng divisi perangkat mobile Samsung. Bahkan menurut Ice Universe lewat akun @UniverseIce, Exynos 2200 pun tidak didesain untuk perangkat Galaxy.

Menurutnya, hubungan divisi LSI (pembuat semikonduktor) dan MX (divisi mobile) ketika ini terbatas pada kekerabatan perdagangan, bahkan relevansinya itu tak cukup bersahabat. Berbeda dengan Apple yang memang merancang chip seri A khusus untuk digunakan di iPhone dan iPad.

Simak Video “Sejumlah Netizen Keluhkan Tak Bisa Preorder Samsung Galaxy S22
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumyaIni Spesifikasi Dan Harga Infinix Zero 5G Yang Resmi Dirilis Di Indonesia
Berita berikutnyaReview Realme Buds Air 3, Konsep Minimalis Bunyi Mantap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here