iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta

Pada permulaan Maret kemudian Counterpoint Research mengungkap jika tujuh dari 10 ponsel terlaris di dunia yaitu iPhone, dan kini mereka mengungkap fakta lain terkait ponsel mahal.

Menurut perusahaan riset pasar itu, pasar ponsel mahal dengan harga di atas USD 400 (sekitar Rp 6 juta) berkembang 24% selama 2021 dibanding 2020. Padahal dalam periode yang serupa, pertumbuhan pasar ponsel secara keseluruhan cuma 7%.

Menurut Tarun Pathak, eksekutif Counterpoint, pasar ponsel mahal yang meningkat selama 2021 tersebut terjadi sebab beberapa faktor. Seperti siklus pergeseran ponsel pelanggan, seni manajemen perusahaan, dan bahkan dinamika rantai pasokan unsur.

Namun bukan hanya itu, Pathak pun menyaksikan adanya usul yang meningkat untuk konektivitas 5G. Ada juga celah yang ditinggalkan oleh Huawei, yang kemudian diisi salah satunya oleh Apple, utamanya di pasar China dan Eropa Barat.

Perusahaan lain yang juga berebut untuk mengisi celah tersebut antara lain yaitu Oppo, Vivo, dan Xiaomi, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena.

Diberitakan sebelumnya, Counterpoint Research mengungkap daftar 10 ponsel terlaris sepanjang tahun 2021. Menariknya, tujuh dari 10 ponsel yang ada di daftar ini yakni iPhone.

Menurut data Counterpoint, ada 4.200 model ponsel aktif yang tersedia di pasar global tahun kemudian. 10 ponsel terlaris yang masuk dalam daftar ini menyumbangkan 19% dari total pemasaran ponsel global pada tahun 2021

Gelar ponsel terlaris sepanjang tahun 2021 jatuh kepada iPhone 12, dibarengi oleh iPhone 12 Pro Max, iPhone 13, iPhone 12 Pro, dan iPhone 11. Tiga versi iPhone teratas menyumbangkan 41% dari total penjualan Apple pada tahun 2021.

Meski diluncurkan tahun 2020, Counterpoint mengungkap beberapa argumentasi mengapa iPhone 12 masih laku elok di tahun 2021. Salah satunya yaitu kemunculan jaringan 5G yang telah dinanti dan peluncuran iPhone 12 yang sedikit terlambat menjadikannya masih dicari.

Sementara itu, cuma ada dua vendor ponsel lain yang berhasil masuk dalam daftar ini yaitu Samsung dan Xiaomi. Menariknya, ponsel Samsung dan Xiaomi yang ada di daftar ini berasal dari kelas entry level.

Samsung Galaxy A12 berada di peringkat enam. Sedangkan Xiaomi Redmi 9A dan Redmi 9 masing-masing berada di posisi ke-7 dan ke-10.

[Gambas:Youtube]

Simak Video “Keindahan iPhone 13 Pro Edisi Alpine Green
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumyaViral Xiaomi Mi 11 Ultra Diklaim Secara Tiba-Tiba Meledak
Berita berikutnyaVivo MembuatTablet Seakan-Akan Ipad Air, Spesifikasinya Mempesona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here