Lenovo Legion Y90
Lenovo Legion Y90. Foto: Dok. Lenovo

Jakarta

Lenovo kembali menginformasikan kemampuan HP gaming mereka yang mau datang, yakni Legion Y90. Kali ini mereka menginformasikan kesanggupan chip storagenya.

Pertama, storage di Legion Y90 ini bukan cuma menggunakan chip UFS 3.1, melainkan juga SSD. Ini memang bukan pertama kalinya ada ponsel yang memakai chip SSD selaku storage, sebab Apple sudah melakukannya semenjak iPhone X.

Namun Legion Y90 tak sekadar memakai SSD, melainkan juga chip UFS 3.1 yang dikonfigurasikan dengan RAID 0 untuk menciptakan kecepatan yang lebih tinggi, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Senin (21/2/2022).

Sebagai keterangan, RAID yakni teknologi virtualisasi penyimpanan data yang mengkombinasikan beberapa drive fisik menjadi satu. Ada beberapa opsi konfigurasi dengan tujuan berlawanan, contohnya RAID 1 untuk keamanan data (1 storage akan dijadikan backup), atau RAID 0, ibarat yang digunakan di Legion Y90.

Dalam konfigurasi RAID 0, data yang disimpan akan ‘dipecah’ ke dua atau lebih storage. Alhasil kecepatannya (secara teori) akan setara dengan jumlah dari kecepatan masing-masing storagenya.

Namun ada kehabisan dari RAID 0, yakni tidak ada redundansi atau penumpukan data. Jadi jikalau satu chip storage rusak, maka semua datanya tergolong di chip yang lain juga akan ikut rusak.

RAID 0 ini biasa digunakan di PC ataupun laptop kelas atas, tetapi mungkin ini pertama kalinya dipakai di ponsel yang tersedia secara komersial. Lenovo mengklaim kecepatan baca dan tulis di storage Legion Y90 akan naik 50%.

Ponsel gaming ini dijadwalkan akan meluncur pada 28 Februari, dan ialah penerus dari Legion 2 Pro. Layarnya 6,92 inch AMOLED, dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1.

Baterai 5.600 mAh dengan fast charging 68W, yang dijanjikan mampu mengisi sarat baterai dual cell yang digunakan dalam waktu 36 menit.

*Anda sekarang mampu cek harga dan perbandingan ponsel arif terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.

Simak Video “5 Rekomendasi HP Gaming Terbaik 2022
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumyaPerbandingan Spesifikasi Dan Harga Realme 9 Pro Vs 9 Pro Plus
Berita berikutnyaPeluncuran Iphone Layar Lipat Diundur Sampai 2025. Apa Kendalanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here