Huawei P50 Pro vs Samsung Galaxy S22 Ultra
Huawei P50 Pro vs Samsung Galaxy S22 Ultra. Foto: duniaphone.com

Jakarta

Huawei P50 diluncurkan di Indonesia pada 11 Februari, cuma selang beberapa hari dari perilisan Samsung Galaxy S22 Ultra. Keduanya sama-sama mengusung spek mumpuni. Tapi jika dibandingkan, kira-kira baiklah yang mana?

Desain

Huawei P50 Pro dan Galaxy S22 Ultra sama-sama menenteng perubahan rancangan dari generasi sebelumnya. Huawei bikin penggalan belakang ponsel barunya dengan dua bulatan kamera yang disebut Dual Matrix.

Huawei P50 ProHuawei P50 Pro Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Bagian belakang Huawei P50 Pro menggunakan material kaca yang terlindungi Gorilla Glass Victus, sementara rangkanya metal. Tepiannya dibentuk melengkung depan dan belakang

Samsung tak lagi menerapkan desain contour cut menyerupai Galaxy S21 Ultra yang dirilis tahun lalu. Galaxy S22 Ultra tampil layaknya Galaxy Note series. Ini bisa dilihat dari rancangan kotak di penggalan atas dengan tepian melengkung di kiri dan kanannya.

Lubang kamera dibuat menyatu dengan bodi belakang tanpa ada modul yang menghiasi. Ponsel ini juga menyertakan S-Pen di dalam body. Galaxy S21 Ultra memang telah mendukung stylus digitan tersebut, hanya saja terpisah sehingga kurang simpel.

Samsung Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra Foto: Virgina Maulita Putri/duniaphone.com

Baik P50 Pro maupun S22 Ultra sama-sama memperlihatkan tampilan premium. Huawei berbicara opsi Golden Black dan Cocoa Gold, sedangkan Samsung memberikan pilihan Phantom Black, White, Burgundy, Green, Graphite, Red, Sky Blue

Soal dimensi tidak terpaut jauh. Huawei P50 Pro berukuran 158.8 x 72.8 x 8.5 dengan bobot 195 gram.

Sementara Galaxy S22 Ultra berdimensi 163.3 x 77.9 x 8.9 mm, dan bobotnya 228 gram.

Layar

Huawei P50 Pro mengusung layar OLED 6,6 inch dengan resolusi 1228 x 2700 pixels dan screen body. Layar ponsel ini menyajikan 1 miliar warna dan refresh rate 120Hz.

Sementara Galaxy S22 Ultra hadir dengan bentang layar lebih lapang. Ukurannya 6,8 inch dengan resolusi 1440 x 3088 pixels, refresh rate 120Hz derma HDR10+ dan screen to body rasio 90,2%.

Layar ini semakin memanjakan mata melalui fitur Vision Booster yang secara otomatis menyesuaikan layar berdasarkan pencahayaan sekitar. Selain itu, tingkat kecerahan yang diberikan sampai 1.750 nits.

Selanjutnya Kamera

Kamera

Keunggulan utama Huawei P50 Pro ada di kamera. Bahkan kemampuannya telah diakui oleh laman DxOMark yang menempatkannya menjadi nomor satu di daftar ponsel terbaik di ketika ini.

Huawei P50 Pro punya kamera utama 50 MP dengan aperture f/1.8 dan OIS, kamera periskop 64 MP dengan lensa 23 mm dan OIS yang menjanjikan zoom sampai 200x, kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2) dan kamera black and white 40 MP (f/1.6). Kamera selfienya sendiri berskala 13 MP.

Huawei turut berbicara True-Chroma Image Engine yang diklaim berbicara akurasi warna setinggi mungkin, bikin gambar yang mencerminkan apa yang dilihat oleh mata insan.

Sistem penginderaan cahaya sekitar memakai sensor multi-spektrum 10 kanal, yang digabungkan dengan kalibrasi lebih dari 2.000 warna di seluruh P3 wide colour gamut, untuk menyebarkan kemampuannya mendeteksi cahaya sekitar dan akurasi rona warna rata-rata sebesar 50% dan masing-masing 20%. Warna yang tercipta diklaim lebih bermacam-macam dari sebelumnya karena secara akurat mereproduksi warna sesungguhnya dari kehidupan faktual.

Huawei P50 ProHuawei P50 Pro Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Huawei P50 Pro juga memiliki Super Colour Filter System gres, dengan True-Chroma Camera (colour) dan True-Chroma Camera (monochrome) yang membuatkan asupan cahaya kamera utama sebesar 103 persen untuk kejernihan gambar yang lebih baik. Dalam skenario cahaya rendah, gambar menjadi lebih cerah dan lebih detail

Dalam foto grup, pengguna bisa menambahsubjek individu dan tetap melihat detail dan tekstur yang tajam pada setiap orang. Lalu ada teknologi Super HDR menangkap 28 persen lebih banyak rentang dinamis untuk kinerja cahaya latar yang lebih baik, sementara cahaya dan bayangan dioptimalkan, bikin tekstur yang lebih kaya dan lapisan yang lebih jelas.

Samsung Galaxy S22 Ultra belum diuji oleh DxOMark, kendati begitu ponsel ini mampu jadi bahaya serius bagi Huawei P50 Pro. Sebab, Samsung mengobrol banyak peningkatan pada penerus Galaxy S21 Ultra ini.

Kamera utamanya 108 MP, dilengkapi lensa ultra wide 12 MP, telephoto 10 MP yang dapat zoom optic 3x, serta kamera periskop 10 MP yang punya bisa melaksanakan zoom optic 10x dan space zoom 100x. Sementara kamera depannya 40 MP.

Sensor utama dan telephoto di ponsel ini dibekali OIS untuk kestabilan di dikala pengambilan foto. Tidak ketinggalan video digital image stabilization (VDIS) yang mampu menghemat getaran sehingga video yang direkam makin stablil dan tampaksmooth.

Galaxy S22 Ultra memakai Super Clear Glass. Artinya di ketika kita melaksanakan pengambilan foto siang atau malam meminimalisir tanpa noise atau imbas pantulan dari cahaya lampu yang mengganggu.

Samsung menerapkan adaptive pixel di Galaxy S22 series Ultra dengan nano-binning. Fitur ini menjanjikan gambar yang lebih rincian dan cerah.

Ada banyak fitur yang diberikan Samsung guna mengembangkan pengalaman fotografi dan videografi. Satu hal yang paling disebut-sebut di ketika program peluncuran yakni Nightography.

Galaxy S22Galaxy S22 Foto: screenshot/duniaphone.com

Galaxy S22 Ultra prospektif mampu memotret foto tetap terang dan rincian meski di keadaan low-light. Alih-alih mengandalkan flash seumpama kamera persyaratan, Samsung memasang sensor yang lebih besar, dari sebelumnnya 1,8 mikron menjadi 2,4 mikron.

Lalu ada fitur Auto Framing modern 2 mampu mendeteksi dan mengikuti pergerakan sampai 10 orang dan secara otomatis mengatur fokus dari kamera, sehingga kamera akan merekam orang dengan lebih terang.

Mengambil foto dengan Portrait mode menjadi lebih mudah dengan AI Stereo Depth Map. Subjek yang difoto akan tampil lebih baik lagi dengan detail-detail terkecil yang tampil begitu tajam dan jernih. Hal yang sama juga berlaku untuk binatang Portrait Mode terbaru di Galaxy S22 series mampu membatasi bulu-bulu hewan peliharaan menyatu dengan latar belakang sehingga pengguna bisa menerima foto terbaik dari binatang kesayangannya.

Galaxy S22 Series menunjukkan aplikasi Expert RAW yang mengobrol pengguna beberapa pilihan ekspor dan edit. Hal ini bikin pengalaman layaknya memakai DSLR dan memungkinkan pengguna mempunyai kontrol lebih akan proses inovatif dalam memotret.

Aplikasi Expert RAW juga memberi pengguna opsi untuk mengekspor gambar pribadi ke aplikasi Adobe Lightroom sehingga sanggup mengedit gambar sesuai impian, baik dengan menggunakan slider manual atau dengan memakai preset. Mereka yang memotret dalam RAW akan menyadari bahwa gambar yang diekspor dalam format tersebut memerlukan gradasi warna sehingga ini mampu menjadi fitur yang memiliki kegunaan.

Dan, tak ubahnya kamera DSLR, kau mampu bikin foto lebih terang atau gelap dengan pengaturan ISO dan shutter speed, menyesuaikan white balance untuk bikin foto terlihat lebih hangat atau sejuk, dan mengendalikan fokus secara manual sesuai subjek yang difoto.

Tentu saja, ada banyak fitur lain dalam aplikasi kamera Galaxy S22 series termasuk mode makro yang menggunakan kamera ultra-wide untuk menangkap objek jarak bersahabat, single take, Director’s View dan Objek Eraser.

Kamera Huawei P50 Pro atau Galaxy S22 Ultra yang unggul perlu diuji bersama-sama untuk melihat hasil jepretannya. Tunggu di duniaphone.com ya.

Selanjutnya Performa

Performa

Huawei memodali ponsel barunya ini dengan chipset Snapdragon 888 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Bila dibandingkan, Galaxy S22 Ultra lebih unggul. Sebab chipset yang dipakai yaitu Snapdragon 8 Gen 1 yang adalah penerus Snapdragon 888.

Demikian pula baterainya, Galaxy S22 Ultra berdaya tampung 5.000 mAh. Sedangkan P50 Pro 4.360 mAh.

Wlaau begitu, Huawei membekali pengisian cepat 66W. Sementara Samsung, baru mengobrol fast charging 45W.

Samsung Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra Foto: Virgina Maulita Putri/duniaphone.com

Fitur

Salah satu fitur yang mungkin sulit disaingi oleh ponsel manapun adalah eksistensi S Pen di Galaxy S22 Ultra. Stylus ini mampu menolong produktivitas pengguna. Selain itu keberadaan DeX yang mampu menyulap ponsel ini menjadi suatu desktop.

Galaxy S22 Ultra sudah mendukung 5G. Sayangnya Huawei hanya mengobrol koneksi 4G pada P50 Pro

Terlepas hal tersebut, raksasa teknologi asal China ini berbincang tambahan lengkap dalam paket penjualannya, salah satunya charger 66W.

Huawei P50 ProHuawei P50 Pro Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Harga

Huawei membanderol P50 Pro dengan harga Rp 14.999.000. Pre-order dibuka mulai 11 -25 Februari di Shopee, Blibli, Tokopedia, Datascript Mall dan Erascpace.

Selama periode pre-order diberikan bonus Huawei Watch GT2 Pro senilai Rp 3.999.000 dan cash back hingga Rp 1 juta. Tidak ketinggalan voucher GrabFood dan Informa.

Samsung menghadirkan tiga pilihan Galaxy S22 Ultra, yakni

Harga Galaxy S22 Ultra

  • RAM 8 GB + ROM 128 GB = Rp 17.999.000
  • RAM 12 GB + ROM 256 GB = Rp 18.999.000
  • RAM 12 GB + ROM 512GB = Rp 20.999.000

Selama abad preorder yang berlangsung hingga 3 Maret 2022 diberikan E-Voucher Samsung.com sampai Rp1.500.000, Samsung Care+ selama 1 tahun, phone case pribadi , cashback Bank sampai Rp 1.000.000, cicilan 0% sampai 24 bulan.

Simak Video “Keistimewaan Samsung Galaxy S22 Ultra yang Mirip Galaxy Note
[Gambas:Video 20detik]

Berita sebelumyaReview Infinix Hot 11S Nfc, Hp Rp 2 Jutaan Asik Untuk Main Game Mobile
Berita berikutnyaIphone 5G Murah Siap Meluncur Bareng Komputer Mac Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here