Infinix Hot 11s NFC
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jakarta

Infinix Hot 11S NFC menyapa Indonesia pada November 2021. Sebagaimana namanya, ponsel ini mengusung fitur NFC untuk menolong program pengguna, ibarat untuk berkirim file, atau isi ulang duit elektronik (e-money).

Namun keunggalan tak sebatas itu, Infinix Hot 11S NFC hadir dengan sejumlah spesifikasi yang dapat diandalkan untuk menggarap berbagai tugas, tergolong bermain game mobile.

Untuk menunjukan klaim tersebut, mengetahui bagaimana performa, kelebihan serta kekurangan ponsel ini, simak ulasan berikut. Sebagai catatan, unit yang detikINET ulas memiliki konfigurasi RAM 6GB/128GB.

Desain dan Layar

Infinix Hot 11S NFC tampil cukup bongsor dengan dimensi 168,9mm x 77mm x 8,82mm. Layarnya membentang 6,78 inci dan berbincang-bincang resolusi Full HD+.

Tampilannya juga dihiasi dengan punch hole (lubang layar) yang sekaligus menjadi rumah bagi kamera selfie. Lubang layar tersebut ukurannya cukup kecil sehingga tidak begitu mengusik penampilan.

Bezel layarnya juga cukup ramping, sehingga tampilannya terlihat lega. Tak hanya fisik, layar Infinix Hot 11S juga dibekali teknologi refresh rate 90 Hz. Dukungan ini memungkinkan pengguna untuk mendapat pengalaman navigasi yang cepat.

Refresh rate-nya juga mampu dikelola menjadi 60 Hz, atau dikontrol otomatis, sesuai konten yang ditampilkan. Jika refresh rate-nya dikontrol otomatis, daya ponsel menjadi lebih awet.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Meski hadir dalam warna gelap (Polar Black), cangkang belakang Infinix Hot 11S NFC didesain memiliki garis vertikal dengan pengaruh kilau di dikala terkena cahaya. Bagian belakang ponsel ini turut dihiasi tiga kamera dengan bentuk persegi dan sudut diagonal. Kameranya cukup menonjol, sehingga terdapat selisih antara permukaan case dengan housing kamera.

Material bab belakang Infinix Hot 11S NFC cukup tenteram digenggam tanpa terasa licin. Hanya saja, bodinya cukup panjang, sehingga sejumlah suguhan di atas layar agak sukar dijangkau di saat dioperasikan dengan satu tangan. Walau begitu body ponsel ini cukup ramping meskipun digenggam dengan satu tangan.

Rupanya bodi ponsel yang bongsor juga diakui oleh Infinix. Untuk itu, perusahaan memberikan fitur one hand yang menciptakan performa layar mengecil dan menjadi lebih ramah untuk digunakan dengan satu tangan.

Posisi tampilannya sendiri bisa dikontrol di sisi kanan dan kiri, sehingga membuat lebih mudah navigasi suguhan memakai ajun maupun kiri. Untuk mengembalikannya ke performa default juga cukup praktis, alasannya adalah tersedia tombol dengan ikon X untuk keluar.

Tombol power dan volume diposisikan di kanan ponsel, sebagaimana ponsel kebanyakan. Tombol power juga sekaligus mengakomodir sensor sidik jari. Sementara slot kartu SIM ditempatkan di kiri ponsel. Pengguna sanggup memasang kartu SIM ganda berjenis nano, serta microSD secara leluasa tanpa harus bergantian.

Sementara itu bagian bawah ponsel memuat sejumlah port seumpama port USB tipe-C untuk pengisian ulang baterai, jack headphone 3,5mm, mikrofon serta lubang speaker.

Selanjutnya Kamera

Kamera

Kamera Infinix Hot 11S NFC mempunyai konfigurasi 50MP selaku kamera utama, sensor kedalaman 2MP dan AI camera.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saat membuka sajian kamera, Infinix Hot 11S NFC mengobrol kamera yang disokong dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) tanpa opsi untuk memakai kamera tanpa AI. Secara biasa kamera utama Infinix mampu mengobrol hasil foto yang cukup manis dimana rincian gambar mampu diambil dengan cukup tajam. Hasil ini berlaku untuk objek yang diambil di saat pencahayaan cukup.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Foto yang diambil di dalam ruangan juga terbilang cukup manis dengan pencahayaan ruangan yang standar.

Kekurangannya yaitu penentuan konsentrasi objek yang cukup usang, sehingga kadang-kadang foto diambil dengan konsentrasi yang kurang tajam. Namun hal ini cuma berlaku di ketika memotret objek dengan pencahayaan yang kurang.

Infinix Hot 11S NFC juga berbincang-bincang mode portrait yang memungkinkan pengguna mendapat efek bokeh pada foto. Hasil bokehnya bisa dibilang cukup rapi dalam memisahkan objek foto dengan background. Seperti pada foto di bawah ini, dimana bokehnya terlihat smooth, sehingga subjek foto mampu terlihat dengan terperinci.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Ponsel ini juga berbincang-bincang fitur HDR yang memungkinkan kamera untuk sanggup mengabadikan objek foto dengan pencahayaan yang dinamis. Saat fitur ini diaktifkan, hasil fotonya terlihat lebih terang dibanding tanpa HDR. Detail gambarnya sama-sama cantik dan cukup tajam, namun foto dengan HDR terlihat lebih terang alasannya tone warnanya ditingkatkan, ssehingga menghasilkan foto terlihat lebih terang terang dan jelas.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Infinix Hot 11S NFC juga dilengkapi dengan fitur Super Night. Fitur ini sanggup digunakan untuk memotret objek gambar di malam hari, dimana pencahayaannya cukup terbatas. Namun walaupun hanya menggunakan kamera defaultnya, ponsel ini sanggup menangkap momen dengan cukup cantik meski pencahayaannya tolok ukur.

Pada foto ini contohnya, orang di depan toko yang berada di kejauhan, masih sanggup ditangkap dengan baik meskipun tidak begitu rincian di saat foto diperbesar di galeri.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: detikINET

Untuk kamera depannya, Infinix Hot 11S NFC berbincang-bincang resolusi 8MP.

Dengan kamera ini, pengguna bisa melakukan selfie, menggunakan stiker Augmented Reality (AR), memanfaatkan dampak beauty, hingga merekam video pendek.

Hasil fotonya cukup bagus untuk ponsel kelas entry, dimana detailnya cukup tajam dan warnanya natural, meski terkadang balasannya terlihat over exposure.

Untuk menciptakan foto selfie lebih unik, pengguna mampu memakai fitur AR Shot yang hendak menambahkan sejumlah stiker lucu , ibarat kucing, kelinci, bunga, dan lainnya. Foto dengan AR Shot di bawah ini bahkan diabadikan di ketika malam hari, sehingga detailnya cukup berkurang dibanding foto selfie siang hari.

Fitur videonya sendiri dilengkapi dengan resolusi 720p dan 1080p sampai 2K. Pengguna juga mampu menciptakan video pendek tanpa aplikasi edit pemanis alasannya Infinix Hote 11S NFC memberikan bermacam-macam filter hingga musik untuk melengkapi pembuatan video pendek.

Selanjutnya Performa

Performa

Dapur pacu Infinix Hot 11S NFC didukung oleh chipset MediaTek Helio G88 yang dipasangkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB. Chipset ini sendiri memang dirancang untuk mendukung acara bermain game mobile.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian ulang cepat (fast charging) 18W. Kapasitas itu memang cukup besar untuk menunjang acara di ponsel. Namun pengisian ulangnya cukup usang, hampir 2,5 jam dari daya 0% hingga 100%, memakai charger bawaannya. Daya tahannya sendiri memang cukup jago dipakai sehari penuh. Pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark Work 3.0 juga menampilkan Infinix Hot 11S NFC bisa bertahan sampai 11 jam.

Lantas bagaimana pengalaman bermain game menggunakan Infinix Hot 11S NFC?

Kami menjajal melaksanakan game PUBG pada ponsel ini selama 30 menit. Pengaturan grafisnya dikontrol pada settingan tertinggi yang didukung Infinix Hot 11S yakni Smooth-Ultra. Fitur anti-aliasing juga diaktifkan.

Dengan pengaturan tersebut, secara umum, permainan sanggup berjalan dengan tanpa kendala tanpa ada tanda-tanda lagging. Suhunya juga terasa masuk akal tanpa ada kenaikan. Sayangnya sensitivitas layarnya terasa kurang maksimal, sehingga setiap pergerakan di dikala melaksanakan perintah cukup delay. Baterainya terkuras sekitar 8% selama bermain 30 menit.

Sementara untuk permainan ringan seumpama Magic Tiles, Infinix Hot 11S NFC berbincang-bincang pengalaman yang menyenangkan. Game ini sendiri menuntut sensitivitas layar yang cukup mumpuni untuk melakukan permainan.

Infinix Hot 11s NFCInfinix Hot 11s NFC Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Opini detikINET

Performa Infinix Hot 11S memang terbilang kurang untuk diajak bermain game. Sementara kameranya sendiri masih tidak mengecewakan untuk dipercaya mengabadikan momen, baik siang maupun malam hari. Kesimpulannya, ponsel ini sanggup dipakai untuk berkomunikasi dan bermain game mobile sesekali. Baterainya juga cukup besar sehingga daya tahannya lama.

Berita sebelumyaHuawei P50 Pro, Si Camera King Resmi Meluncur Di Indonesia
Berita berikutnyaPerbandingan Spek Huawei P50 Pro Vs Samsung Galaxy S22 Ultra, Baiklah Mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here