Redmi Note 10S
Xiaomi Redmi Note 10S. Foto: Adi Fida Rahman/duniaphone.com

Jakarta

Keputusan Xiaomi dikala merilis Redmi Note 10S pada mulanya cukup membingungkan, alasannya yakni harganya berada di antara Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro (keduanya yakni HP dengan spesifikasi yang glamor di kelas harganya).

Pertanyaan paling besar saya adalah, terlebih yang dapat dipersiapkan Xiaomi di kelas harga ini. Seberapa jauh perbedaan HP ini dibanding Redmi Note 10 yang lebih murah, atau seberapa jauh tertinggal dari Redmi Note 10 Pro yang lebih mahal.

Jadi menyerupai apa penampilan Redmi Note 10S yang harganya mulai dari Rp 2,8 juta ini? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10S

Desain
Desain Redmi Note 10S sungguh menawan untuk kelas harganya. Terasa tenteram di tangan dan tak terlihat menyerupai HP murahan. Bodinya terbilang tipis, 8,3mm, dan ukuran layar yang tak terlampau besar menjadikannya tenteram digenggam.

Redmi Note 10SRedmi Note 10S Foto: Adi Fida Rahman/duniaphone.com

Berbeda dengan Redmi Note 10 Pro yang layarnya lebih besar sehingga menjadikannya mungkin sedikit terlalu besar untuk pengguna dengan tangan yang kecil. Unit Redmi Note 10S yang diterima duniaphone.com berwarna Pebble White, dan materi bodi belakangnya matte atau tidak mengkilap dan tidak terlampau licin.

Redmi Note 10SRedmi Note 10S Foto: Adi Fida Rahman/duniaphone.com

HP ini punya speaker stereo, yakni di atas dan bawah bodinya. Oh ya, lubang speaker ini terpasang secara diagonal, yakni pada bab kanan bawah dan kiri atas. Peletakan ini menjadikannya nyaris tak mungkin tertutup tangan secara serempak dikala HP dipegang secara horizontal.

Redmi Note 10SRedmi Note 10S Foto: Adi Fida Rahman/duniaphone.com

Sama menyerupai dua saudaranya, sensor sidik jarinya ada di tombol power dan bukan di bawah layar. Namun di kelas harga ini, rasanya masuk akal kalau suatu HP tidak mempunyai sensor sidik jari bawah layar. Sensor sidik jari di tombol power ini sebaiknya bakal lebih kencang memaksakan penggunaan sensor sidik jari bawah layar dengan mutu rendah.

Layar dan penampilan ada di halaman selanjutnya.

Layar
Sama menyerupai dua saudaranya, Redmi Note 10S menggunakan layar Super AMOLED dengan ukuran 6,43 inch FHD+. Layar ini memamerkan pengalaman pengguna yang mewah, baik untuk menonton video, bermain game, atau sekadar penggunaan HP sehari-hari.

Layarnya cukup jelas untuk dipakai di luar ruangan dalam kondisi terik. Tak suka saturasi warna yang berlebihan (warna terlalu ngejreng)? Tenang, bisa dengan mudah dikelola sesuka hati dari pengaturan HP. Oh ya, layarnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Namun kalau dibandingkan dengan Redmi Note 10 Pro, layarnya ini memang punya satu kekurangan, yakni refresh rate-nya cuma 60Hz, bukan 120Hz.

Baca juga: Sederet Keunggulan Mediatek Helio G95, Otak Redmi Note 10S

Performa
Mungkin banyak yang menatap sebelah mata system on a chip (SoC) yang dipakai di Redmi Note 10S, yakni Mediatek Helio G95. Namun bersama-sama Helio G95 ini yakni chip yang mumpuni, bahkan untuk bermain game.

Dipasangkan dengan RAM 6GB LPDDR4X dan storage UFS 2.2 yang relatif kencang, penampilan Redmi Note 10S terbilang kencang untuk ponsel di kelasnya. Terlebih lagi MIUI yang dipakai yakni MIUI 12.5.

Menjalankan MIUI 12.5 yang lebih ringan dibanding MIUI 12 menciptakan Redmi Note 10S terasa sungguh kencang untuk penggunaan sehari-hari. Dipakai bermain game pun HP ini terasa kencang, pasti tergantung game yang dimainkan.

Call of Duty: Mobile misalnya, bisa dimainkan dengan pengaturan optimal dengan tanpa hambatan tanpa terasa adanya frame drop. Namun pastinya kondisinya berlawanan dengan Genshin Impact, yang gres bisa dimainkan dengan agak tanpa hambatan pada pengaturan paling rendah.

Saat bermain game selama lebih dari 30 menit, bodi ponsel terasa cukup hangat, utamanya di bab sebelah kamera belakang.

Baterai Redmi Note 10S berkapasitas 5000 mAh, dan bisa diisi melalui charger 33W yang tersedia dalam paket penjualan. Dengan penggunaan wajar menyerupai WhatsApp, Gmail yang berisi tiga alamat email, media sosial, dan sesekali menonton video di YouTube, baterainya ini nyaris bertahan selama dua hari penuh.

Tentu kalau dipakai bermain game terus menerus, ketahanan baterainya tak akan selama itu. Namun damai saja, alasannya yakni pengisian dayanya terbilang cepat, sekitar 1,5 jam dari kosong hingga penuh.

Di bawah ini yakni hasil dari beberapa benchmark yang kami lakukan, yakni menggunakan AnTuTu dan Geekbench 5.

Benchmark Redmi Note 10SHasil Geekbench 5 Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Benchmark Redmi Note 10SHasil AnTuTu Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Kamera dan kesimpulan ada di halaman selanjutnya.

Kamera
Salah satu keunggulan Redmi Note 10S yakni kameranya, tepatnya kamera utamanya. Sensor yang dipakai yakni 64MP, dan menurut kami sensor yang dipakai ini punya mutu yang cukup bagus.

Memotret dalam kondisi jelas pasti bukan masalah, foto yang dihasilkan terbilang tajam dan punya rincian yang bagus. Namun memang dalam kondisi gelap, sensornya akan melakukan pekerjaan lebih keras. Namun damai saja, ada night mode yang dapat dipakai untuk menciptakan gambar yang tetap jelas dalam kondisi gelap.

Soal tiga kamera yang lainnya, kualitasnya memang tak sebagus kamera utama. Seperti kamera ultrawide, yang hasil fotonya menurut kami agak soft, sama menyerupai kamera depannya. Sementara itu kamera macronya terbilang tidak mengecewakan selama dipakai kondisi cukup cahaya.

Perekaman video bisa dijalankan dengan resolusi optimal 4K di 30fps, yang terbantu dari kesanggupan Helio G95. Mode perekaman yang lain yakni 1080p 30fps dan 60fps.

Hasil Kamera Redmi Note 10SHasil Kamera Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Hasil Kamera Redmi Note 10SHasil Kamera Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Hasil Kamera Redmi Note 10SHasil Kamera Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Hasil Kamera Redmi Note 10SHasil Kamera Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Hasil Kamera Redmi Note 10SHasil Kamera Redmi Note 10S Foto: duniaphone.com/Anggoro Suryo Jati

Kesimpulan
Dengan harga yang terpaut sedikit, menurut kami Redmi Note 10 Pro yakni HP yang lebih menawan dibanding Redmi Note 10S, kalau yang dicari yakni performa. Namun bukan bermakna Redmi Note 10S tidak mempunyai keunggulan dibanding saudaranya itu.

Keunggulan Redmi Note 10S dibanding Redmi Note 10 Pro yakni bodi yang lebih ramping dan ringan, tetapi dengan penampilan lebih kencang dibanding Redmi Note 10. Kaprikornus kalau anda mencari HP yang lebih tenteram digenggam, Redmi Note 10S menurut kami lebih patut diseleksi daripada Redmi Note 10 Pro, pastinya dengan harga yang lebih murah.

Berita sebelumyaSamsung Galaxy A03s Secepatnya Hadir, Ini Spesifikasinya
Berita berikutnyaIni Ia 5 Keistimewaan Layar Super Amoled

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here